Penipuan di PayPal yang Umum Menargetkan Penjual (Cara Mengetahui dan Menghindarinya)


PayPal menawarkan platform pembayaran andal yang memungkinkan Anda menerima pembayaran kapan saja di mana saja. Namun, seperti mode transaksi keuangan lainnya, PayPal juga rentan terhadap penipuan.

Dalam tulisan berikut, kami menyoroti beberapa cara umum di mana pembeli dapat menipu penjual melalui PayPal serta cara untuk menghindari skenario seperti itu. Mari lihat.

Buka akun PayPal dari tautan pembeli

Jika Anda seorang penjual tetapi tidak memiliki akun PayPal, mungkin saja pembeli akan mendekati Anda dan memberi tahu Anda bahwa mereka ingin membeli barang Anda tetapi mereka akan melakukan pembayaran melalui PayPal. Mereka bahkan mungkin menambahkan sesuatu insentif ekstra – seperti pembelian massal – untuk mempermanis kesepakatan.

Namun, ketika Anda memberi tahu mereka bahwa Anda tidak memiliki akun PayPal, mereka akan mengirimkan tautan untuk membuka akun PayPal baru.

Apa yang terjadi di balik layar?

Sebenarnya, pembeli tidak tertarik untuk membeli sesuatu dari Anda. Mereka hanya ingin Anda membuka akun PayPal menggunakan tautan yang disediakan. Ini sebenarnya adalah serangan phishing, karena tautan ini adalah tautan palsu yang mengarahkan Anda ke formulir pendaftaran PayPal palsu.

Semua informasi yang Anda masukkan dalam formulir ini akan langsung dikirim ke scammer. Ini termasuk alamat email Anda, alamat rumah, nomor telepon, detail kartu kredit, pertanyaan keamanan, kata sandi, dan banyak jenis informasi sensitif lainnya.


Penipu dapat menggunakan semua informasi ini untuk meretas akun Anda yang lain, termasuk akun media sosial dan keuangan. Mereka juga dapat menggunakan detail kartu untuk melakukan pembelian atau menipu orang lain.

Bagaimana melindungi diri dari penipuan ini?

Sebagai aturan praktis, jangan pernah membuka atau mengakses akun yang diberikan kepada Anda melalui email. Selalu buka situs web resmi dan daftar atau masuk dari sana. Selain itu, URL website phising juga tidak akan berasal dari “paypal.com”, bisa jadi mirip seperti “paypall.com” yang jelas-jelas palsu.

Dan jika Anda telah melihat halaman pendaftaran PayPal yang sebenarnya sebelumnya, maka Anda juga akan melihat beberapa perubahan dalam desain.

Cukup jangan ambil umpan ini dan buka akun PayPal dari situs web resmi dan lanjutkan transaksi (jika pembeli masih ingin membeli, itu).

Mengirim barang yang dibeli ke alamat lain

Pembeli akan memberi tahu Anda bahwa mereka ingin membeli barang tersebut untuk teman dan ingin mengirimkannya sebagai hadiah kejutan. Oleh karena itu, meskipun mereka akan melakukan pembayaran melalui akun PayPal mereka, tetapi barang tersebut perlu dikirimkan ke alamat yang berbeda.

Apa yang terjadi di balik layar

PayPal tidak bertanggung jawab atas pengiriman barang yang belum terkirim ke alamat yang terdaftar di akun PayPal pembeli. Berharap Anda tidak mengetahui informasi ini, pembeli akan menggoda Anda untuk melakukan pengiriman ke alamat lain (bahkan mungkin menambahkan uang ekstra).


Ketika Anda akan mengirimkan barang tersebut, pembeli akan membuka perselisihan bahwa mereka tidak pernah menerima barang tersebut. Sekarang bahkan jika Anda memberikan tanda terima konfirmasi pengiriman, PayPal tidak dapat berbuat apa-apa karena belum dikirim ke alamat yang terdaftar di PayPal. Pembeli akan mendapatkan uang mereka kembali, dan Anda baru saja kehilangan barang yang Anda jual.

Bagaimana melindungi dari penipuan semacam itu?

Jelas tertulis dalam pedoman keamanan PayPal bahwa Anda tidak boleh mengirimkan barang ke alamat selain yang terdaftar di PayPal. Jadi hanya menolak permintaan tersebut sudah cukup untuk perlindungan.

Pembeli membayar lebih

Saat membeli beberapa barang dari Anda, pembeli akan membayar sejumlah uang tambahan. Setelah itu, mereka akan mengirimi Anda pesan bahwa mereka secara tidak sengaja mengirimi Anda uang tambahan dan Anda harus mentransfer (atau menggunakan metode pembayaran lain yang tidak aman) untuk mengirim uang itu kembali kepada mereka.


Apa yang terjadi di balik layar

Pembeli mungkin menggunakan akun PayPal yang diretas untuk melakukan pembayaran. Ketika pemilik sebenarnya mengetahui tentang transfer uang, mereka akan meminta PayPal untuk mengembalikan jumlah penuh.

PayPal akan mengembalikan uang tersebut ke pemilik akun PayPal dan Anda akan mendapatkan barang Anda kembali. Namun, Anda akan kehilangan uang ekstra yang Anda kirim ke scammer.

Pembeli juga dapat melakukan ini dari akun PayPal mereka yang sebenarnya, dan kemudian membuka perselisihan dan mengklaim bahwa mereka tidak menginginkan barang tersebut karena alasan apa pun dan ingin mengembalikannya untuk pengembalian dana. Mereka akan mendapatkan uang penuh mereka kembali dan uang ekstra yang Anda transfer juga akan ada.

Bagaimana melindungi dari penipuan semacam itu?

Saat melakukan transaksi PayPal, tetap hanya menggunakan PayPal di seluruh proses. PayPal hanya dapat menawarkan perlindungan untuk transaksi yang telah dilakukan menggunakan platformnya. Untuk permintaan seperti itu, Anda harus mengembalikan jumlah penuh dan meminta mereka untuk mengirim kembali pembayaran yang benar.

Anda mungkin juga tertarik untuk memberi tahu PayPal tentang hal ini dan meminta mereka untuk menangani situasi tersebut.

Perusahaan pengiriman akan menangani pengiriman barang

Pembeli ingin membeli barang Anda dan ingin mengirimkannya ke alamat yang terdaftar di akun PayPal mereka, tetapi pengiriman akan ditangani oleh perusahaan pengiriman pembeli. Mereka mungkin menambahkan bahwa ini akan membantu mereka menghemat uang atau memastikan pengiriman yang aman.


Apa yang terjadi di balik layar

Ketika Anda membiarkan pembeli menangani pengiriman, pembeli pada dasarnya mendapatkan kendali penuh atas proses pengiriman. Mereka dapat dengan mudah mengubah rute pengiriman ke alamat lain selain yang terdaftar di PayPal. Setelah itu, mereka dapat mengklaim bahwa barang tersebut tidak dikirim ke alamat terdaftar mereka sehingga mereka ingin pengembalian dana. Dan Anda tidak akan punya alasan untuk membuktikannya.

Bagaimana melindungi dari penipuan semacam itu?

Sebagai penjual, Anda harus bertanggung jawab penuh atas pembayaran dan pengiriman. Jangan menerima bantuan dari pembeli atau melakukan apa pun yang tidak berada di bawah PayPal atau kendali Anda. Klarifikasi pembeli bahwa PayPal akan menangani pembayaran dan Anda akan menangani pengiriman.