5 Tips untuk Membangun Nama Merek yang Lebih Baik


Elemen penting dari bisnis apa pun adalah penciptaan nama merek yang dengannya orang dapat mengidentifikasi layanan atau produk yang disediakannya. Ini juga salah satu hal pertama yang harus Anda pikirkan, karena itu adalah sesuatu yang akan melekat lama pada bisnis Anda.

Inilah sebabnya mengapa penting untuk memikirkan nama merek yang sempurna dan cerita di balik nama ini untuk bisnis Anda. Ini mungkin tidak tampak seperti tugas yang menakutkan, tetapi memerlukan pertimbangan yang cermat pada berbagai aspek dari jenis layanan atau produk yang akan Anda sediakan.

Lagi pula, nama merek, bersama dengan logo dan jenisnya, merangkum semua yang diwakili bisnis Anda menjadi nama simbolis.

Berikut adalah beberapa hal penting yang mungkin ingin Anda pertimbangkan sebelum memutuskan nama merek Anda:

1. Pastikan Web-Friendly

Di zaman dan waktu ini, jika Anda ingin bisnis Anda berkembang, mungkin Anda harus membawanya ke Internet. Oleh karena itu, Anda harus memastikan apakah nama merek yang akan Anda buat adalah "web-friendly".

Nama merek harus "ramah web" dalam arti bahwa nama tersebut dapat diletakkan di web dengan pengguna Internet yang memiliki sedikit masalah dalam menemukan dan mengaksesnya untuk mendapatkan informasi tentang bisnis.

Pertama, jika Anda akan menggunakan internet untuk bisnis Anda, Anda memerlukan situs web resmi yang berfungsi sebagai stasiun terpadu bagi siapa saja yang tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentangnya.

Ini berarti mendapatkan nama domain yang jelas terkait dengan bisnis Anda. Oleh karena itu, Anda harus memilih nama merek yang mudah diingat orang daripada sesuatu yang rumit dan tidak berarti.

Ambil contoh, www.tchm.com versus www.tchmedical.com. Yang kedua tampaknya lebih mudah diingat karena kata "medis". Orang akan mengingat "tch" dan "medis" lebih baik daripada sekadar "tchm", yang tidak terdiri dari kata nyata dan tidak memberikan petunjuk apa pun tentang bisnis tersebut.

Kedua, mengingat bahwa situs jejaring sosial seperti Facebook adalah hal yang sekarang, Anda mungkin mempertimbangkan untuk memasarkan bisnis Anda melalui mereka di masa depan. Satu hal yang harus Anda periksa adalah bahwa tidak ada halaman yang dibuat dengan nama yang sama dengan merek Anda.

Ini akan mencegah pengenceran merek Anda dan dengan mudah memungkinkan orang menemukan halaman eksklusif bisnis Anda dan mengumpulkan lebih banyak informasi tentangnya.

Hal-hal lain yang mungkin juga ingin Anda pertimbangkan termasuk alamat email bisnis masa depan Anda (yang kemungkinan besar akan sangat mirip dengan nama merek Anda), kemudahan menggunakan nama merek Anda untuk mencari bisnis Anda di mesin pencari, dll.

2. Kesederhanaan

Semakin mudah nama merek diucapkan, semakin baik dapat menyebar dari mulut ke mulut. Demikian pula, semakin sedikit jumlah kata untuk merek, semakin mudah diingat.

Terkadang kata-kata tidak dieja seperti bunyinya, dan orang mungkin mengalami kesulitan mencari perusahaan di internet. Misalnya, meskipun "Xerox" telah menjadi nama merek yang efektif yang menjadi identik dengan "fotokopi", itu mungkin memiliki beberapa masalah pengucapan ketika pertama kali ada.

Orang mungkin salah mengartikan pengucapan dengan ejaan "Zerox" yang salah. Perusahaan mungkin telah kehilangan sebagian besar pelanggan potensial mereka hanya karena orang-orang ini tidak bisa mengeja dengan benar.

Jadi dalam hal memastikan bahwa merek Anda dapat diingat secara akurat, kesederhanaan bisa menjadi kebijakan terbaik.

3. Berisi Esensi Bisnis

Sama seperti bisnis Anda harus memiliki preposisi penjualan yang unik untuk membedakan diri Anda dari pesaing Anda, nama merek Anda juga harus menunjukkan apa yang berbeda dari yang lain.

Ini juga dapat digunakan untuk mencerminkan kekuatan bisnis Anda atau memberikan petunjuk tentang jenis layanan/produk apa yang sebenarnya disediakan.

Misalnya, mesin pencari "Google" mungkin memberi kita kesan mata "googly", yang dapat kita kaitkan dengan mencari sesuatu. Nama perusahaan seperti itu memungkinkan orang dengan mudah mengidentifikasi apa yang disediakan perusahaan dan berfungsi sebagai jangkar yang baik dalam ingatan mereka.

Nama merek lain mungkin tampaknya tidak ada hubungannya dengan bisnis, tetapi mereka menekankan pada aspek "perasaan" dari nama tersebut. Mungkin tidak ada yang tahu apa itu "Starbucks" ketika mereka pertama kali mendengarnya, tetapi begitu orang menyadari itu adalah rantai kedai kopi, itu melekat dengan cara yang aneh.

Nama membangkitkan energi dan spontanitas, seperti secangkir kopi akan lakukan untuk Anda setiap pagi.

4. Menonjol dari Kerumunan

Selain kesederhanaan, nama merek juga harus mudah diingat untuk menciptakan buzz dan membangkitkan minat pada apa yang disediakan bisnis Anda. Membuat nama merek Anda terlalu deskriptif dan lugas dapat membunuh rasa ingin tahu yang diperlukan untuk mempertahankan minat.

Sebelum menemukan beberapa nama merek potensial, akan lebih baik untuk melakukan riset tentang merek-merek yang telah dikeluarkan oleh pesaing Anda. Identifikasi apa kesamaan di antara nama merek yang berbeda.

Selanjutnya, ketika Anda menghasilkan beberapa nama merek potensial untuk perusahaan Anda, putuskan untuk tidak membuat sesuatu yang serupa dengan mereka.

Dengan kata lain, nama merek Anda harus menonjol dari yang lain, yang saya maksudkan dengan pesaing terdekat Anda. Bagaimanapun, sebagian besar masalah bisnis Anda akan berkisar pada beberapa hal ini.

Sebagai pelanggan potensial yang mempertimbangkan berbagai pilihan antara Anda dan pesaing Anda, mana yang kemungkinan besar akan menarik perhatiannya pada awalnya? Yang dengan nama merek yang tidak terdengar seperti yang lain.

5. Memiliki Logo dalam Pikiran

Nama merek dan logo sebagian besar berjalan beriringan. Jika Anda ingin memiliki branding yang kuat untuk bisnis Anda, pastikan orang dapat mengidentifikasi logo dengan nama merek.

Merek "Apple", misalnya, memiliki logo yang cukup sederhana dalam bentuk apel. Ini memudahkan orang untuk mengingat bisnis Anda. Mengapa? Alih-alih hanya mengandalkan memori linguistik untuk nama merek, mereka sekarang juga dapat menyimpan memori visual merek dengan mengaitkannya dengan logo.

Sekarang setelah Anda mengetahui betapa pentingnya hubungan antara nama dan logo dengan merek Anda, penting untuk memikirkan nama yang memberi Anda lebih banyak kebebasan dalam proses kreatif logo Anda.

Secara pribadi, saya percaya logo "gambar" lebih kuat daripada logo "kata", jadi mungkin ide yang baik untuk mempertimbangkan nama merek yang dapat dilambangkan sebagai objek atau sesuatu.

Coba bandingkan logo "gambar" Apple dengan logo "kata" Microsoft, saya pikir sebagian besar dari kita akan setuju bahwa yang pertama membutuhkan lebih sedikit sumber daya kognitif untuk diingat daripada yang terakhir.