Bisnis Cara dan Strategi Pemasaran Bisnis Rumahan secara Online Melalui Facebook

Cara pemasaran online yang berpeluang meningkatkan perjuangan kecil menengah anda, pada kesempatan kali ini. Kita akan membahas mengenai cara dan taktik pemasaran perjuangan kecil menengah atau urusan ekonomi rumahan melalui media online atau medsos Facebook.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa facebook merupakan salah satu media umum yang memiliki jumlah pengguna aktif terbesar di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Di lansir dari kompas.com, jumlah pengguna aktif facebook di kuartal IV tahun 2015 yaitu sebesar 87 juta pengguna, naik 10 juta pengguna dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini tentu sangat luar biasa. BBC mengungkapkan bahwa pengguna aktif di seluruh dunia  menembus angka 1, 55 miliar pengguna.


Jika anda memiliki insting urusan ekonomi yang kuat, anda pasti akan berfikir bahwa dimana ada keramaian disitulah sumber uang alasannya anda dapat mempromosikan produk anda secara masal dengan mudah. Sama halnya dalam dunia internet, dengan pengguna aktif yang sangat besar tersebut, tentu menimbulkan Facebook sebagai salah satu media pemasaran yang sangat menjanjikan.

Namun, dengan jumlah pengguna yang sedemikian besar. Tidak semua pengunjung Facebook memiliki impian untuk membeli barang. Kebanyakan bahkan tidak terlalu nyaman dengan iklan yang sering di post lalu ditandai dengan beberapa orang sahabat tanpa ijin. So, perlu kita pahami beberapa cara dan taktik pemasaran melalui facebook untuk melejitkan penjualan produk perjuangan kecil menengah anda atau pun barang dari urusan ekonomi rumahan yang anda jual.


Berikut ini yaitu cara pemasaran melalui facebook bagi pemula yaitu :
  • Memasarkan melalui akun FB
Menjual melalui akun FB merupakan cara termudah untuk memasarkan barang atau produk UKM anda. Anda tinggal membuat akun FB atas nama diri anda sendiri atau orang lain dan dapat juga menggunakan nama UKM anda lalui perbanyak sahabat - sahabat anda. Setelah itu, anda tinggal mengupload gambar dan info mengenai produk anda lalu tandai sahabat - sahabat anda biar lebih mudah di lihat.

Perlu dicatat bahwa dikala anda menandai teman, jangan terlalu banyak menandai terkhusus bagi sahabat FB yang tidak dikenal. Mereka akan sedikit tidak nyaman terlebih jikalau intensitas post iklan kita terlalu sering. Bisa jadi nanti kita di unfriend.

Selain itu, dikala anda menambahkan teman, jangan asal menambah teman. Usahakan anda mencari sahabat FB yang tertarget. Bagaimana caranya? Carilah halaman atau grup yang membahas info yang sama dengan produk yang anda jual lalu tambahkan member atau follower Fanspage tersebut. Cara ini akan lebih memaksimalkan pemasaran anda. 

Lihat Gambar di bawah ini :

Mencari Member Grup.
1. Silahkan ketik nama grup sesuai dengan produk yang anda jual. Contoh, produk anda yaitu kartu perdana maka dikala " Grup jual beli perdana " maka nanti akan terlihat beberapa nama grup.
2. Klik salah satu nama grup. Usahakan grup tersebut yaitu grup publik serta memiliki member yang aktif dan cukup besar. Lihat gambar dibawah ini

pemasaran online facebook


Klik pada member, lalu akan muncul daftar teman.

Anda pun mampu memcari sahabat tertarget dari halaman FB. Silahkan anda cari di kotak pencarian FB dengan nama produk yang anda jual misalkan " Kartu perdana" 

pemasaran online Grup Facebook

  • Pemasaran Melalui Grup FB
Selain memasarkan produk anda melalui akun Fb, cara lain atau taktik pemasaran lainnya yaitu menggunakan grup sebagai media promosi. Caranya sangat mudah, anda tinggal membuat grup dengan nama " Jual Beli Perdana Internet " atau mampu menggunakan nama UKM anda misalkan " Penyedia Kartu Perdana Duta Cell ".

Salah satu keuntungan menggunakan grup FB yaitu anda dapat memasukan sahabat - sahabat anda dengan mudah. Berbeda dengan Fanspage atau halaman FB, pada FP anda harus mengundang terlebih dahulu sahabat anda untuk menyukai halaman anda.

  • Pemasaran Melalui Halaman FB

Meski anda tidak dapat dengan mudah menimbulkan sahabat anda sebagai member atau follower halaman FB anda, namun keuntungan dari FP yaitu anda akan menerima follower tertarget.

Anda hanya mampu menyarankan atau menunjukkan kepada sahabat - sahabat facebook anda biar menyukai halaman anda. Namun tidak mampu memaksa mereka menjadi follower, hal ini sangat berbeda dengan Grup FB, dimana anda mampu memasukkan sahabat anda eksklusif menjadi member tanpa ijin dari sahabat anda.

Nah, dikala sahabat anda memang tidak tertarik dengan produk yang anda jual maka mereka biasanya tidak akan mengklik tombol "like" atau bahkan tidak menanggapi anjuran halaman anda.

Untuk menerima follower dalam jumlah besar serta menghabiskan waktu relatif singkat maka anda perlu menggunakan cara pemasaran terakhir yaitu FB Ads.

FB ads yaitu layanan iklan dari Facebook yang dikhususkan untuk para pemilik perjuangan biar dapat mengiklankan produk mereka melalui online. Hasilnya memang luar biasa namun tentu membutuhkan modal yang lumayan. Pembahasan mengenai FB Ads akan saya bahas secara khusus di lain kesempatan.